Senam Kesegaran Jasmani ( SKJ ) 88


Tiba-tiba ingatanku terpental jauh kebelakang di era tahun 90-an, acara rutin di kala waktu SD yaitu acara Senam Pagi. Ingatanku teringat akan alunan musik khas SKJ 88 Gimana ndak menarik, lagu ini mampu membangkitkan kembali kenangan dan nostalgia saya dulu ketika SD, yaitu diadakannya Senam Kesegaran Jasmani alias SKJ setiap hari Jumat pagi.

Temen-temen yang seangkatan dengan saya mungkin pernah mengalami masa-masa SKJ ini. Seingat saya, ada 2 jenis SKJ yang pernah saya alami, yaitu SKJ 88 dan SKJ 92. Ya, angka-angka itu adalah angka di mana gerakan senam ini dibuat, yaitu pada tahun 1988 dan 1992. Bahkan SKJ 92 ini masih eksis hingga saya SMP. :)

Senam Kesehatan Jasmani adalah kegiatan yang “diwajibkan” pada masa itu. Setiap hari Jumat pagi, sekitar jam 6, seluruh murid disuruh ke lapangan atau halaman sekolah. Dengan berseragam batik, kami semua senam mengikuti gerakan-gerakan yang sudah diatur dan sama di seluruh penjuru negeri itu.

Ada seorang instruktur, yang biasanya adalah guru olah raga, atau salah seorang murid yang ditunjuk untuk memimpin gerakan senam. Bahkan saya pernah tergabung dalam tim SKJ 92 untuk mengikuti lomba SKJ. :D

Coba Dengarkan :


Asik bukan ...:D.

13 comments:

  1. dah lama ni ga senam nyokk kapan??

    ReplyDelete
  2. hehehe bener ni senam jaman SD banget,wajib dan harus hapal ni kalo mau lulus ujian olahraga :)) sekarang masih ada ga ni senam?

    ReplyDelete
  3. @ Rangga : Sekarang ini kayaknya dah jarang diputar ... hehehe....
    makasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  4. saya juga sangan rindu sekali masa2 sd yang egitu menyenangkan karena ga da beban...............
    polos
    lugu
    tak berdosa
    kangen senam bareng ma tmn2............

    ReplyDelete
  5. aku udah lupa gerakannya..ajarin ya yang bisa?

    ReplyDelete
  6. Asik nih, jadi nostalgia dengerin lagu senam itu ^^. Oiya tau gak tempat yang jual baju senam body image ? makasih gan ^^

    ReplyDelete

  7. salam kenal :)
    senam SKJ ini apkh asli dri indonesia atau bkan yah ?? n knapa snam SKJ ini koq dwajibkn oleh pemerintah ??
    oiya btw dmna yah tmpat yg mnyediakn baju senam murah tpi berkualitas baik ??
    maksih, salam sukses

    ReplyDelete
  8. Salam kenal Gan
    Senam kesegaran jasmani iringan musiknya biasanya bergendra apa ya? menurut Gan baju senam wanita berbahan apa yaa yang paling nyaman dipakek senam?

    ReplyDelete
  9. Salam kenal ya gan..... mau tanya nich Kalau di surabaya apakah ada informasi tentang sanggar senam yang favorit, dan dimana tempat yang menyediakan baju senam muslimah murah disini?, trims infonya :)

    ReplyDelete

Silahkan Sobat tinggalkan jejak dengan memberikan komentar.
Jangan lupa klik iklan yang sedang tayang,...
Demi kemajuan Irfan gogo ini...Thx.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...