Daya Listrik Rumahku 450 Watt

Judul diatas adalah benar adanya. Sobat mesti tidak akan percaya kalau selama ini kami mengandalkan pasokan listrik dengan daya max 450 Watt.

Sobat pasti bertanya-tanya, bagaimana mungkin bisa "bertahan" dengan daya 450 Watt...? Apa cukup...? Mesti dalam pikiran Sobat pasti ada "rekayasa" jaringan listrik di rumahku. Langsung saya jawab : jaringan listrik di rumahku bersih dan jauh dari unsur "nakal" apalagi modifikasi jaringan ...hehehe.

Pertanyaanya adalah kenapa kami bisa bertahan dengan daya 450 Watt. Nah, disini di Irfan Blog Sobat bisa mendapatkan trik dan tips bagaimana memanfaatkan jaringan listrik yang pas pasan seperti saya untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Sebelumya saya membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa semua jaringan listrik di 2 rumah kami ( griya kulon dan griya wetan asri ) semuanya berdaya 450 Watt di tambah Mushola juga berdaya 450 Watt dan semuanya bisa beroperasi secara normal dan biasa-biasa saja.

Waktu itu saya pernah protes terhadap ayah saya untuk menaikan daya menjadi 900 watt atau lebih, tapi ayah saya melarang keras. Alasan ayah saya adalah "yakinlah bahwa dengan daya 450 watt PASTI cukup untuk menunjang kehidupan". Saya juga sempat berfikir kenapa masih memakai daya 450 watt, padahal beberapa peralatan listrik jelas jelas kalo di hitung bisa lebih dari 450 watt.



Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata hidup degan daya 450 watt juga bisa. TV bisa nyala, lampu-lampu, komputer bisa nyala, pompa air, mesin cuci, setrika dan kulkas juga bisa "ON" dengan normal dan bekerja dengan baik.

Efek yang aku rasakan adalah biaya tagihan bulanan sangat terjangkau. bayangkan saja tagihan 2 rumah dan 1 mushola total paling 125-an ribu rupiah. Hemat bukan ....hehehe...:). jadi rata-rata per rumah sekitar 40 ribu rupiah, atau per hari sekitar 1.350 rupiah.

Rahasia hemat listrik ala Irfan :

  • Pastikan semua kabel dan saklar dalam kondisi baik dan normal. Ingat, kabel yang kedor dan jaringan kabel yang buruk bisa mempengaruhi kestabilan daya dan tegangan listrik. Mintalah kepada tukang ahli listrik untuk memeriksa jaringan di rumah Sobat.
  • Sebelum membeli peralatan elektronik, pastikan mempunyai daya yang rendah dan efisien. Biasanya beberapa merk yang branded mencantumkan daya yang dibutuhkan dan ada kode SNInya sebagai standar produk Indonesia.
  • Selalu pake hemat energy, penggunaan lampu jenis pijar dihindari karena disamping butuh daya yang tinggi juga tidak hemat listrik.
  • Beberapa jenis heater seperti dispenser air, rice cooker sebaiknya di hindari. Untuk kebutuhan air panas bisa pake termos, untuk menanak nasi bisa pake ketel dan soblok ...hua hua hua..khan sama sama matang hayoo.... :)
  • Selalu ingat bahwa daya di rumah adalah 450 watt, jadi penggunaan listrik bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Jadi intinya kalo lagi nyuci, ya jangan hidupkan setrika dan pompa air dan PC komputer, kalo semua nyala ya pasti "njeglek" alias anjlok alias mati listrik lokal ....hehehe.. :).
  • Tak lupa pasang lampu utama dan lampu kecil untuk penerangan darurat. Artinya beberapa ruangan yang harus selalu terang sebaiknya di pasang lampu dobel yaitu lampu terang untuk penerangan dan lampu redup ketika waktunya tidur.
Kalo saya pribadi selain mengandalkan komputer PC untuk olah data dan berselancar di internet saya juga menggunakan komputer alternatif hemat energy seperti Netbook dan Notebook. Walaupun harus mengeluarkan investasi yang berlebih tapi toh saya juga membutuhkannya. Selain itu beberapa elektonik seperti TV tabung juga saya alihkan ke LCD TV walaupun harus mengeluarkan kocek lebih. Bayangkan saja TV tabung bisa mengkonsumsi sekitar 135 Watt, sedangakan LCD TV layar lebar cumah sekitar 65 Watt.

Demikian beberapa tips yang mungin bisa memberikan gambaran kepada Sobat yang juga mempunyai daya yang terbatas seperti saya. Dan intinya adalah dengan membiasakan bersahabat dengan daya yang terbatas maka justru membuat otak kita berfikir positif untuk selalu berusaha supaya listrik tidak anjlok / mati. Tentunya dengan pola demikian tagihan listrik akan terkontrol.



Baca juga artikel menarik lainnya :
-------------------------------------------




Listrik Rumahku 450 Watt, Do You Like this post ... ?
---------------------------------------------------------------------

---------------------------------------------------------------------



Semoga bermanfaat.




Zawa Hello Ramadhan

No comments:

Post a Comment

Silahkan Sobat tinggalkan jejak dengan memberikan komentar.
Jangan lupa klik iklan yang sedang tayang,...
Demi kemajuan Irfan gogo ini...Thx.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...